Images

Pemanasan Global - Pendahuluan


Definisi Iklim
Iklim adalah rata-rata dan variasi temperatur, penguapan, presipitasi dan angin selama periode tertentu yang berkisar dalam hitungan bulan hingga jutaan tahun.

Perbedaan Iklim dan Cuaca
Secara singkat iklim bisa dikatakan sebagai rata-rata dari cuaca. Bedanya, memperkirakan cuaca untuk jangka waktu lebih dari beberapa hari relatif sangat sulit karena sifat ketidakpastiannya yang tinggi. Sebaliknya, memperkirakan perubahan iklim yang disebabkan oleh perubahan komposisi atmosfer atau faktor-faktor lainnya, secara umum, relatif bisa dilakukan.

Apa itu perubahan iklim dan pemanasan global?
Komposisi kimiawi dari atmosfer sedang mengalami perubahan sejalan dengan penambahan gas rumah kaca – terutama karbon dioksida, metan dan asam nitrat. Kasiat menyaring panas dari gas tersebut tidak berfungsi. Energi dari matahari memacu cuaca dan iklim bumi serta memanasi permukaan bumi; sebaliknya bumi mengembalikan energi tersebut ke angkasa. Gas rumah kaca pada atomsfer (uap air, karbon dioksida dan gas lainnya) menyaring sejumlah energi yang dipancarkan, menahan panas seperti rumah  kaca.  Tanpa  efek  rumah  kaca  natural  ini  maka suhu  akan  lebih  rendah  dari  yang  ada sekarang  dan  kehidupan seperti  yang  ada sekarang  tidak  mungkin  ada. Jadi  gas  rumah  kacamenyebabkan suhu udara di permukaan bumi menjadi lebih nyaman sekitar 60 F/15 C.
Tetapi  permasalahan  akan  muncul  ketika  terjadi  konsentrai  gas  rumah  kaca  pada  atmosfer bertambah. Sejak  awal revolusi industri, konsentrasi karbon dioksida pada  atmosfer bertambah mendekati 30%, konsetrasi metan   lebih dari dua kali, konsentrasi asam nitrat bertambah 15%. Penambahan  tersebut  telah  meningkatkan  kemampuan  menjaring  panas  pada  atmosfer  bumi. Mengapa  konsentrasi  gas  rumah  kaca  bertambah?  Para  ilmuwan  umumnya  percaya  bahwa pembakaran  bahan  bakar fosil  dan  kegiatan manusia  lainnya merupakan  penyebab  utama  dari bertambahnya konsentrasi karbon dioksida dan gas rumah kaca. Iklim di bumi sangat dipengaruhi oleh kesetimbangan panas di bumi. Aliran panas dalam sistem iklim di bumi bekerja karena adanya radiasi. Sumber utama radiasi di bumi adalah matahari.
Perubahan Iklim merupakan tantangan yang paling serius yang dihadapi dunia di abad 21. Sejumlah bukti baru dan kuat yang muncul dalam setudi mutakhir memperlihatkan bahwa masalah pemanasan yang terjadi 50 tahun terakhir disebabkan oleh tindakan manusia. Pemasan global di masa depan lebih besar dari yang diduga sebelumnya.
Sebagian  besar  setudi  tentang  perubahan  iklim  sepakat  bahwa  sekarang  kita  menghadapi bertambahanya suhu global yang tidak dapat dicegah lagi dan bahwa perubahan iklim mungkin3 sudah terjadi sekarang. Pada bulan Desember 1977 dan Desember 2000, Panel Antar Pemerintah Mengenai  Perubahan  Iklim,  badan  yang  terdiri  dari  2000  ilmuwan,  mengajukan  sejumlah pandangan mengenai realitas sekarang ini:
Bencana-bencana alam yang lebih sering dan dahsyat seperti gempa bumi, banjir, angin topan, siklon dan kekeringan akan terus terjadi. Bencana badai besar terjadi empat kali lebih besar sejak tahun 1960.
Suhu global meningkat sekitar 5 derajat C (10 derajat F) sampai  abad berikut, tetapi di sejumlah tempat dapat lebih tinggi dari itu. Permukaan es di kutub utara makin tipis.
Penggundulan  hutan,  yang melepaskan  karbon  dari  pohon-pohon,   juga menghilangkan kemampuan untuk menyerap karbon. 20% emisi karbon disebabkan oleh tindakan manusia dan memacu perubahan ilim.
Sejak Perang Dunia II jumlah kendaraan motor di dunia bertambah dari 40 juta menjadi 680 juta; kendaraan motor termasuk merupakan produk manusia yang menyebabkan  adanya emisi carbon dioksida pada atmosfer.
Selama 50 tahun kita telah menggunakan sekurang-kurangnya setengah dari sumber energi yang tidak dapat dipulihkan dan telah merusak 50% dari hutan dunia.

0 comments: